Skill

Sabtu, 26 November 2016 - 12:43 WIB

3 tahun yang lalu

logo

Berbagai Model Facebook Ads yang Harus Anda Ketahui

Sebelum Anda melangkah lebih jauh, maka Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu Facebook Ads. Berikut panduan artikel yang saya ambil dari digitalmarketer.id.

Berdasarkan apa yang diungkapkan oleh Facebook melalui pengenalan ‘About Facebook Ads’ menjelaskan bahwa, Facebook Ads merupakan jasa berbayar yang berasal dari bisnis dan mencakup konteks sosial tentang pertemanan. Orang yang menyukai halaman Anda, dua kali akan lebih sering meluangkan waktu sebagai pelanggan Anda dibandingkan dengan orang yang tidak pernah terhubung dengan Anda di Facebook.

Beberapa hal yang Anda dapatkan dengan memanfaatkan Facebook Ads ini misalnya seperti jangkauan pasar yang lebih luas dan terkemas dalam beberapa kategori atau kesukaan yang berbeda-beda. Hal ini tentunya akan memberikan kesempatan pada pengiklan untuk mengelompokkan customer-nya sesuai dengan kebutuhan pasar. Dengan ini, maka strategi pemasaran Anda akan lebih fokus dan terarah.

✎Mengapa Anda Harus Beriklan di Facebook?

Banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan Facebook Ads untuk menunjang bisnis Anda. Beberapa hal tersebut seperti halnya:

✔Facebook adalah salah satu media sosial paling populer di banyak negara.

Dengan sekitar 1,28 miliar pengguna aktif, Facebook merupakan situs yang paling banyak di akses setelah Google. Dengan Anda memasang iklan di Facebook, tentunya akan banyak berjuta pasang mata yang akan melihat iklan Anda.

✔Facebook menawarkan iklan bertarget.

Hal ini akan memungkinkan pengiklan menargetkan kelompok tertentu berdasarkan umur, kepentingan pribadi, demografis, dan masih banyak lagi yang lainnya. Bahkan, Facebook dapat melacak melalui profil pengguna untuk menempatkan iklan hanya pada halaman yang menyebutkan kata kunci tertentu.

✔Anda dapat meningkatkan loyalitas customer dengan menggunakan Facebook Page.

Banyak pelaku bisnis telah membuat Facebook Page untuk meraih fanssebanyak-banyaknya. Melalui halaman tersebut, Anda dapat berinteraksi secara langsung dengan customer Sehingga, Anda dapat membangun loyalitas dan merek Anda sendiri.

✔Menawarkan promosi khusus melalui Facebook Page.

Fan Page Anda juga dapat Anda manfaatkan sebagai platform untuk mempromosikan produk Anda. Dengan meng-update promo dan produk terbaru melalui halaman ini, maka informasi yang akan didapatkan oleh customer Anda akan jauh lebih efektif.

Facebook Ads lebih fleksibel dibandingkan dengan Google Adwords.

✔Dibandingkan dengan Google Adwords, Facebook jauh lebih menawarkan karakter yang lebih panjang untuk deskripsi iklan. Kemampuan untuk membuat iklan berbaris melalui gambar juga dapat dilakukan ketika Anda menggunakan Facebook Ads. Sehingga, hal ini lebih fleksibel dibandingkan dengan Google Adwords.

✔Pengguna Facebook menawarkan keterlibatan yang jauh lebih tinggi untuk mengunjungi iklan Anda.

Pengguna Facebook mengunjungi website Anda bukan hanya bertujuan untuk mendapatkan informasi, melainkan juga memungkinkan untuk mengambil tindakan pembelian (konversi). Hal ini menyebabkan tingkat efektivitas yang lebih tinggi untuk meningkatkan visibilitas iklan.

✔Jika seseorang pernah meng-klik iklan Anda, maka iklan Anda akan sering muncul di halaman Facebook orang yang berkaitan.

Iklan Anda memiliki kesempatan yang jauh lebih baik untuk mendapatkan perhatian dan dilihat beberapa kali. Dengan begitu, maka sebagian besar pengguna Facebook akan mengunjungi website Anda beberapa kali dalam sehari.

✔Anda dapat memilih pembayaran iklan melalui BPK atau CPM.

Dengan menggunakan Facebook Ads, maka memungkinkan Anda untuk memilih fitur iklan berdasarkan anggaran Anda. Untuk ini, Facebook menyediakan iklan Cost-Perr-Mille (CPM) dan Cost-Per-Click CPC). CPM sendiri adalah merupakan iklan yang harus Anda bayar dalam setiap kali penayangan. Jadi, intensitas penayangan iklan berpengaruh besar pada biaya yang harus Anda keluarkan. CPM merupakan pilihan bagi Anda yang ingin meningkatkan kesadaran merek. Sedangkan untuk CPM, Anda diharuskan untuk membayar jika iklan Anda di klik oleh seseorang. Klik ini juga termasuk untuk like, komentar, dan share. Jika Anda menggunakan CPM, maka tepat apabila tujuan Anda adalah interaksi dengan pemirsa.

✔Iklan di Facebook jauh lebih murah.

Karena Facebook Ads mempunyai target lebih fokus dan terarah, maka langkah ini bagus untuk mencapai target pasar dengan harga yang cukup terjangkau. Berbagai paket iklan juga cukup h Hal ini memungkinkan Anda untuk menjangkau sebanyak mungkin pengguna dengan menyesuaikan dengan jumlah anggaran Anda.

✔Mempunyai kemampuan untuk mencapai pengguna smartphone.

Kebanyakan, pengguna Facebook mengakses Facebook melalui smartphone setiap harinya. Ini berarti, pengiklan tidak hanya memiliki kemampuan untuk mencapai target pada saat mereka menggunakan komputer saja, melainkan juga pengguna smartphone di seluruh dunia.

✎Berbagai Jenis Model Iklan di Facebook

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan Facebook Ads dan membayar menggunakan kartu kredit Anda, maka ada baiknya untuk memahami terlebih dahulu apa saja model iklan yang ditawarkan oleh Facebook. Berbagai jenis model iklan Facebook ini disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan pengguna. Berikut ini adalah beberapa model iklan yang di maksud:

Iklan untuk Meningkatkan Traffic Website Anda

Salah satu tujuan paling umum dari Facebook Ads sendiri adalah, mengarahkan traffic ke website Anda. Tentunya, hal ini akan meningkatkan jangkauan secara keseluruhan ke website Anda yang mengarahkannya bukan hanya untuk membeli produk, melainkan juga untuk sign up, newsletter, atau berpartisipasi dalam beberapa kepentingan lainnya.  Berikut adalah jenis iklan yang akan meningkatkan traffic ke website Anda.

✔Domain Ad

Penempatan: Kolom sebelah kanan

Domain Ads dd

Dari berbagai jenis iklan Facebook, yang satu ini merupakan jenis iklan yang paling sederhana. Iklan ini hanya ditampilkan di kolom sebelah kanan, jadi iklan ini tidak mendukung untuk versi mobile. Anda dapat menempatkan judul, deskripsi singkat, dan URL yang akan ditampilkan. Biasanya, ini akan diambil dengan metode pembayaran CPC, agar biaya yang ditampilkan cukup terjangkau.

✔Page Post Link

Penempatan: Kolom sebelah kanan, Newsfeed, mobile

Link sip

Ini merupakan model iklan yang paling umum dari semua jenis iklan di Facebook. Idealnya, Facebook Ads digunakan untuk mempromosikan situs website eksternal. Biasanya, Anda menemuinya di Newsfeed yang disertai dengan gambar lebih besar dan menarik untuk menangkap perhatian pengguna.

Melalui iklan ini, Anda dapat memberikan deskripsi singkat disertai dengan link. Sehingga, Anda akan lebih baik dalam hal menjelaskan penawaran Anda. Iklan ini juga merupakan model terbaik untuk meningkatkan fansuntuk Facebook Page Anda. Ingatlah untuk terus menanggapi komentar pengguna untuk meningkatkan keterlibatan.

✔Multi Product

Penempatan: Newsfeed, mobile

Facebook Multi-product Ads

Model iklan ini baru dirilis pada Juni 2014 lalu. Ini sangat berguna bagi pengiklan untuk semua aktivitas ecommerce. Hal ini akan lebih memungkinkan mempromosikan beberapa produk secara sekaligus dari toko mereka.

Namun, jenis iklan baru ini hanya tersedia di Newsfeed, desktop, dan mobile. Iklan ini sangat mirip dengan model iklan Page Post Link.  Namun, bukan menampilkan satu link layaknya Page Post Link, melainkan mendukung hingga tiga produk link yang dipamerkan. Ini merupakan hal yang dapat Anda manfaatkan jika Anda mempunyai banyak produk di toko online Anda.Dengan hanya satu iklan, maka Anda dapat mempromosikan tiga produk berbeda secara bersamaan. Masing-masing produk tersebut dengan gambar, link, dan judul yang berbeda-beda pula.

Iklan untuk meningkatkan Likes dan Keterlibatan Facebook Page Anda

Semua jenis iklan di Facebook memang baik untuk strategi pemasaran. Anda dapat menggunakannya untuk meningkatkan jumlah like pada page Anda, serta meningkatkan jangkauan konten yang telah Anda posting. Mempromosikan posting-an Anda adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa semua fans Anda melihat pesan Anda.

✔Page Like

Penempatan: kolom sebelah kanan, Newsfeed, dan mobile

Page Likes Sip

Ini merupakan iklan untuk meningkatkan halaman page Anda. Iklan ini biasanya ditampilkan pada semua penempatan dan melalui deskripsi yang Anda berikan, maka akan membuat page Anda lebih banyak memperoleh like dari pengguna Facebook lain. Ketika Anda menggunakan iklan model ini, ingatlah bahwa ini bukan tentang   Anda harus mendapatkan target like sebanyak-banyaknya, melainkan tentang memilih khalayak yang tepat yang benar-benar tertarik dengan Facebook Page Anda.

✔Page Post Photo

Penempatan: Kolom sebelah kanan, Newsfeed, Mobile

Page Post

Anda ingin terlibat dengan fans page Anda? Maka, model iklan ini memiliki kesempatan yang paling besar dengan menunjukan gambar-gambar yang menarik. Pilih foto atau gambar yang tepat, maka dengan begitu Anda akan dibanjiri dengan komentar dan like. Anda juga dapat menyertakan link pada deskripsi, namun jangan terlalu sering.

✔Page Post Video

Penempatan: Kolom sebelah kanan, Newsfeed, mobile

Page Post Video

Iklan berbasis video masih termasuk baru di Facebook. Sehingga, memungkinkan Anda lebih banyak terlibat dengan dengan pengguna Facebook lainnya. Memang, menghasilkan konten video yang berkualitas akan sangat memakan waktu dan menghabiskan biaya mahal. Namun, baik itu bisnis besar atau kecil, banyak di antara mereka yang menggunakan ini karena memang lebih efektif untuk mengenalkan produk secara jelas melalui audio dan visual.

✔Page Post Text

Penempatan: Kolom sebelah kanan, News Feed, mobile

text

Format iklan ini difokuskan pada page Anda untuk meningkatkan keterlibatan dengan pengguna lainnya. Namun secara penggunaan, iklan ini termasuk rendah dibandingkan dengan model iklan lainnya yang bukan hanya menonjolkan konten teks saja, melainkan juga gambar, dan video.

Iklan untuk Meng-install App Mobile dan Dekstop

Sejak peluncurannya aplikasi mobile, Facebook telah menjadi salah satu pemain terbesar dalam iklan mobile. Iklan aplikasi mobile menargetkan untuk membawa pengguna meng-install aplikasi mobile terbaru dengan OS Android dan iOS. Jika Anda berminat untuk mempromosikan aplikasi mobile, maka iklan-iklan dengan model di bawah ini dapat Anda gunakan untuk hal tersebut.

✔Mobile App

Penempatan: Mobile

app mobile

Ini merupakan pilihan yang sempurna untuk mendorong lebih banyak pengguna untuk menginstall aplikasi ke mobile. Iklan ini hanya ditampilkan pada Newsfeed melalui mobile saja. Saat pengguna mengklik ‘install’, maka App Store akan segera muncul. Ini akan memberikan tingkat konversi yang besar.

✔Dekstop App

Penempatan: Kolom sebelah kanan, Newsfeed

Deklstop App

Unit iklan ini termasuk baru dan memungkinkan Anda untuk menggunakan aplikasi hanya melalui Facebook Anda. Hal ini dikarenakan, aplikasi ini tidak didukung pada ponsel. Sehingga, Anda hanya dapat menargetkan melalui desktop Newsfeed atau kolom sebelah kanan pada Facebook. Seperti yang telah Anda lihat melalui screenshoot, bahwa terdapat rating dan penggunaan yang baik terlihat di bawah gambar. Jadi, pastikan untuk menyertakan rating melalui bintang-bintang untuk lebih menarik pengguna agar menggunakan aplikasi yang dimaksud.

Pengunjung untuk Toko dan Acara Anda

Jika Anda ingin menjual produk-produk toko online Anda, atau memberikan penawaran-penawaran untuk meningkatkan penjualan produk Anda, maka Facebook Ads juga memfasilitasi keinginan Anda. Bahkan, ketika Anda mengadakan acara-acara besar, maka promosi tersebut juga dapat Anda pasang melalui Facebook.

✔Event

Penempatan: Kolom sebelah kanan, Newsfeed, mobile

event

Untuk Anda yang akan menyelenggarakan event-event yang berskala baik besar ataupun kecil, maka Anda dapat menarik lebih banyak pengunjung melalui Facebook Ads. Tentunya, dengan menggunakan model iklan ini, maka jangkauan Anda untuk menjaring peserta event akan sangat luas. Bahkan, Anda juga dapat memilih target peserta secara lebih mendetail. Misalnya, dengan jangkauan geografis tertentu yang tinggal di kota yang sama atau wilayah lain di luar tempat diselenggarakannya acara.

✔Offer/ Memberi Penawaran

Penempatan: Kolom sebelah kanan, Newsfeed, Mobile

offer

Model iklan ini sangat cocok untuk Anda yang mempunyai toko baik secara offline maupun online. Tujuan utamanya sama dengan model iklan lainnya, yakni untuk menarik orang-orang ke toko mereka. Untuk membuat penawaran-penawaran, maka setidaknya Anda memerlukan 50 fans yang menyukai Facebook Page Anda. Cara kerjanya adalah, setiap kali pengguna meng-klik iklan Anda, mereka akan menerima email yang berisi rincian dan persyaratan untuk membeli tawaran tersebut.

Bagaimana, dari sekian banyak jenis iklan yang dilihat dari tujuan dan modelnya, mana iklan yang akan Anda gunakan? Pastinya, Facebook menawarkan berbagai jenis model iklan yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebagai rekomendasi, DigitalMarketer.id menyarankan Anda untuk menguji format iklan yang berbeda dan melihat mana di antara sekian banyak model iklan tersebut yang efektif dan memberikan hasil terbaik untuk Anda.

Setelah Anda mengetahui berbagi jenis dan model tentang Facebook Ads, maka bahasan selanjutnya menunjukkan panduan terkait dengan bagaimana caranya untuk mendaftar Facebook Ads dan melakukan setting untuk target market Anda. Cukup menarik bukan bahasan tentang Facebook Ads ini? Jika Anda pernah menggunakan Facebook Ads, ataupun menemukan kesulitan terkait dengan ini, tidak ada salahnya untuk berbagi melalui kolom komentar di bawah ini.

Baca Lainnya
Mohon tunggu... ^_^

Cara Cerdas Memiliki Skill Bisnis Online

Mau mendapatkan Ebook, Artikel dan Materi Skill Bisnis Online GRATIS ! langsung terkirim ke alamat email kamu? Masukan data email kamu di bawah ini ya ^_^
Tanya Kursus Bisnis Online yuk ^_^

Ingin Belajar Skill Jualan Online Hubungi dan belajar dengan Kang Lintang

Coach

Kang Lintang

Online

Kang Lintang

Hai Apa Kabar ^_^ 00.00
error: Content is protected !!