Berbagi Inspirasi Knowledge Skill

Selasa, 14 Februari 2017 - 11:32 WIB

2 tahun yang lalu

logo

Mau Tau Rahasia Kekuatan Artikel ? yuk Kita bedah

kursus bisnis online

Assalamualaikum…Ketemu lagi dengan Kang Lintang disini sobat. Sore ini Kang Lintang lanjutkan Bagian kedua dari Artikel sebelumnya yang berjudul Tekhnik Dahsyat membuat Artikel Unik SEO tanpa Copas. kamu bisa baca artikelnya disini https://kanglintang.info/skill/tekhnik-dahsyat-membuat-artikel-unik-seo-tanpa-copas-bagian-pertama

Selanjutnya Kang Lintang akan membahas bagian keduanya dengan judul Mau Tau Rahasia Kekuatan Artikel ? yuk Kita bedah materi ini Kang Lintang sadur dari paparan Suhu roomimarch  pada forum ads.id. Oke langsung aja gan simak pembahasannya dibawah ini

Perlu Anda ketahui bahwa saya adalah 0rang  yang TAAT dan TUNDUK bahwa ARTICLE IS KING, sehingga dalam Artikel di blog ini ane mencoba untuk terus menganalisa tentang artikel sampai ke akar-akarnya.

Yuk kita bahas…..

LONG TAIL KEYWORD

Hukum nya Fardhu Kifayah bagi Anda untuk WAJIB menargetkan LONG TAIL KEYWORD. Alasannya agar bisa mencapai posisi puncak dengan cepat. Akan tetapi menargetkan kata kunci spesifik itu tanpa menghilangkan dan menyisihkan keyword-keyword popular yang pencariannya banyak. Dan kata kunci dengan pencarian terbanyak itulah yang akan kita jadikan sebuah relevansi kata dan pengayaan kata.

Hasilnya kita bisa mendapatkan sebuah komposisi baik di dalam sebuah artikel. Dengan menyertakan pencarian High Search Volume pada artikel, maka tak jarang website kita juga bisa merangkak naik pada kata kunci popular tersebut, walaupun yang di target Long Tail Keyword.
jika dibuatkan diagram begini penampakkannya :

kursus bisnis online

Ambil contoh,Katakan  saya mempunyai ide dasar : “HOTEL MURAH DI BALI”. Lalu saya men-filter beberapa kata kunci yang sangat berkaitan

Kursus Bisnis Online

kursus bisnis online

Dan ini hasilnya :

  • Saya hanya akan mengambil volume pencarian di atas 100
  • Saya mem-filter kata kuci hanya yang terdapat kata-kata “Bali” dan “Murah”
  • Saya sudah menemukan 65 kata kunci terkait dengan “Hotel Murah di Bali” diantaranya : Losmen, villa, homestay, daerah pantai, dekat kuta, backpacker, tour wisata, dan sebagainya.
  • Kata-kata inilah yang akan dijadikan pedukung untuk menguatkan artikel kita.

KOMPOSISI
Urgensi pada penulisan artikel dalam hal ini adalah dengan mengedepankan komposisi penyebaran kata kunci. Hal ini bisa dilihat dengan memaksimalkan tiap paragraph untuk bisa memuat komposisi kata kunci dengan baik. Ada baiknya Anda Fokus pada paragraph awal yang harus di perhatikan. Karena paragraph awal ini cukup penting sebagai landasan untuk paragraph-paragraf selanjutnya.

Jika di breakdown komposisinya sebagai berikut :

Keterangan : Anda harus Letakkan Long Tail Keyword di awal paragraf pertama, kemudian lanjutkan dengan memunculkan relevansi kata dari long tail keyword tersebut. Tahap selanjutnya mulai menampilkan kata-kata yang bervolume tinggi. Kreasikan dan ramu kalimat sesuai dengan kalimat sebelumnya agar terlihat nyambung. Jangan lupa untuk menempatkan beberapa kata-kata yang erat hubungannya dengan target long tail keyword yang menjadi bidikan utama untuk artikel tersebut.

Contoh

kursus bisnis online

Coba Anda lihat dari contoh paragraph di atas, bisa dilihat penyebaran kata kunci yang saya tandai dengan warna-warna yang berbeda. Dengan demikian, maka akan dengan mudah untuk melanjutkan dengan mem-breakdown kata-kata yang mengandung relevansi tinggi dan high search volume. Pahamkan heheheh

RELEVANSI DAN TURUNAN KATA

Ini Kunci dan pentingnya jika agan akan membuat sebuah artikel yang baik. Perhatikan betul TINGKAT RELEVANSI sebuah kata atau kalimat tersebut. Cara mencarinya cukup mudah, agan bisa memanfaatkan tool-tool gratisan seperti keywordtool.io dan Google Planner.

Anda harus tahu Apa Bedanya Relevansi dengan Turunan Kata? ini perbedaanya :

  • Relevansi dari kata KIMIA : Hidrogen, Oksigen, Fosfor, Nitrogen, dan lain sebagainya
  • Turunan Kata dari KIMIA : Kimia Organik, Kimia SMP, Kimia SMA, Kimia Dasar, dan sebagainya

Dari Studi kasus yang telah saya lakukan, dengan menitik beratkan RELEVANSI sebuah kata, maka akan dengan mudah merangking sebuah artikel walaupun tanpa backlink.

Berikut penampakkannya :

Perhatikan dan Lihat gambar di atas, baru saja 43 menit, dan web-web besar seperti MisterAladin maupaun Tiket.com yang notabene sudah sangat kuat bisa dilampaui dengan mudah.

Lihat penampakkan setelah 1 hari

kursus bisnis online

Dan ini saya lakukan murni tanpa backlink hanya dengan penguatan pada sisi relevansi dan turunan kata pada artikelnya saja.

TOOL BAR ARTICLE

kursus bisnis online

Saya Tahu ada Sebagian dari agan-agan mungkin kurang memaksimalkan beberapa fitur yang ada di tool bar artikel. Padahal ini cukup penting digunakan. Buat apa programmer WordPress dan Blogspot membuat beberapa fitur pada bar artikel tapi tidak di gunakan. Kasihan mereka kan…hehehehe..

Padahal artikel yang proporsional menggunakan beberapa tools bar tersebut tak jarang akan mendapatkan ranking bagus di Google. Dan sekarang bisa mendapatkan FEATURED SNIPPET.

Ini tips nya :

  • Gunakan fitur tersebut secara proporsional
  • Jika menerangkan harga Harga gunakan tipe Table
  • Jika menerangkan Rumus gunakan Special Character
  • Jika berisi beberapa List gunakan tipe list <ul></ul> atau <li></li>
  • Gunakan Blockquote untuk kesimpulan akhir artikel, peletakkanya bisa di tengah atau akhir tulisan. Jangan panjang-panjang sebatas 2 baris saja.
  • Pastikan setiap artikel terdapat H1,H2,H3
  • Pastikan setiap artikel ada Bold, Italic, Underline
  • Pastikan ada Internal Linking dalam artikel tersebut
  • Jika satu halaman terlalu panjang, gunakan Break Page

FEATURED SNIPET GOOGLE

Pada Artikel ini saya akan bahas sekilas tentang Featured Snippet Google (Nanti akan saya jabarkan pada thread selanjutnya). Banyak yang tidak tahu bahwa ketika kekuatan artikel sudah maksimal, maka tak jarang si Embah akan menghadiahkan artikel kita dengan FEATURED SNIPPET, walaupun website kita tidak di posisi #1.

Ini penampakkan Featured Snippet :

kursus bisnis online

Perlu Anda ketahui, Bahasa Indonesia di Google masih cukup ringan untuk mendapatkan snippet tersebut. Penelitian yang saya lakukan masih sangat jarang sekali GOLDEN KEYWORD yang belum mendapatkan Featured Snippet dari si Embah. Kenyataannya memang terkadang sebagian kita tidak memikirkan tentang kekuatan artikel.

Lihat analisa Featured Snippert “PRICE” dalam bahasa Inggris

kursus bisnis online

Lihatlah kenyataan ini Bagaimana mungkin anda akan membuang 38.56% kekuatan artikel jika tidak menyertakan tabel dalam penjelasan mengenai harga. SUNGGUNG TERLALU !!!!!

Masih banyak lagi yang faktor-faktor yang bisa digali untuk mendapatkan Featured Snippet ini dan CARANYA SANGAT MUDAH. Tapi untuk mengawali pembahasan ini saya kasih kisi-kisinya saja dalam bahasa Indonesia agar artikel agan bisa mendapat Featured Snippet. Berikut tips nya :

  1. Jika berhubungan dengan ISTILAH, PENGERTIAN, ULASAN gunakan paragraph yang sangat berkaitan. Contohnya bisa lihat bagaimana Wikipedia mengulasnya. Tips nya pakai kata ADALAH/IALAH/MERUPAKAN setelah kata utama. Contoh : Kimia organik adalah ….dst.
  2. Jika berhubungan dengan Harga sertakan Table <table></table> (bukan Gambar)
  3. Jika berhubungan dengan Panduan Step by Step gunakan list <ul></ul> atau list <li></li>
  4. Jika berhubungan dengan Tokoh gunakan ulasan Biografi dan Gambar dari tokoh tersebut yang sudah dioptimasi penuh.
  5. Jika berhubungan dengan Pertanyaan maka munculkan kata JAWABAN pada artikel

Sekian dulu materi ini nanti kita sambung lagi bagian ke tiganya,Semoga bermanfaat bagi semuanya. sampai jumpa

 

 

Baca Lainnya
Mohon tunggu... ^_^

Cara Cerdas Memiliki Skill Bisnis Online

Mau mendapatkan Ebook, Artikel dan Materi Skill Bisnis Online GRATIS ! langsung terkirim ke alamat email kamu? Masukan data email kamu di bawah ini ya ^_^
Tanya Kursus Bisnis Online yuk ^_^

Ingin Belajar Skill Jualan Online Hubungi dan belajar dengan Kang Lintang

Coach

Kang Lintang

Online

Kang Lintang

Hai Apa Kabar ^_^ 00.00
error: Content is protected !!