Trik Mudah menentukan Kata Kunci yang tepat untuk SEO agar menjadi nomor 1 di google

kursus bisnis online

Assalamualaikum men teman selamat sore semuanya, kali ini Kang Lintang akan memberika trik mudah menentukan Kata Kunci yang tepat untuk SEO, agar konten Anda menjadi nomor 1 di halaman pertama Google.
Bismillah… yuk sama-sama kita pelajari materi dibawah ini ^_^

Keyword atau kata kunci adalah kunci utama menjadi nomor satu di google dengan SEO.

Kesalahan menentukan keyword akan berakibat fatal bagi website anda.

Akibat pertama, anda akan kesulitan untuk melakukan optimasi website anda karena persaingan terlalu tinggi.

Akibat kedua anda tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal meskipun website anda sudah nomor satu di Google (Pengunjung website kurang berkualitas).

Kesalahan yang sering dilakukan oleh pemilik website atau mungkin juga “Anda” ialah ingin menjadi nomor satu untuk keyword yang terlalu umum.

Contohnya : “Hijab”, “Jilbab”, “Baju Muslim”, “Pakaian Bayi”

Artikel ini akan membantu anda untuk menentukan keyword yang tepat untuk SEO website anda. Sehingga lebih mudah menjadi nomor satu di Google dan mendatangkan pengunjung yang berkualitas pada website anda.

Berikut ini 4 langkah menentukan keyword yang tepat untuk SEO website anda:

1. Berpikir Seperti Orang Lain

Anda harus berpikir seperti orang yang ingin mencari sesuatu di Google bukan sebagai pemilik website.

Bila anda ingin membeli “Baju Muslim” apa yang akan anda ketik di google ?

  • Baju Muslim
  • Baju Muslim Pria
  • Baju Mulim Murah
  • Baju Muslim Wanita

Ini adalah cara paling mudah menentukan keyword yang tepat untuk SEO website Anda. Banyak sekali pemilik website yang ingin menjadi nomor satu di google berhenti di tahap ini. Tahap ini belum cukup, karena anda belum mendapatan informasi yang cukup untuk melakukan optimasi SEO. Lanjutkan ke langkah berikutnya!

2. Menggunakan Google Suggestion

Google suggestion adalah keyword yang muncul pada kotak penelusuran saat kita mencari sesuatu di google. Contoh Pada Gambar di bawah ini!

Google memiliki kemampuan machine learning atau kemampuan belajar sehingga apa bila kita mengetikan kata baju muslim , Google akan merekomendasikan baju muslim terbaru karena banyak yang yang mengetikkan kata terbaru setelah kata baju muslim. Google suggestion ini membantu kita mengetahui keyword yang paling sering ditelusuri pada kotak penelusuran google. Pada tahap ini kita sudah mulai mendapatkan informasi keyword yang paling banyak ditelusuri di google.

Anda juga bisa menggunakan ubersugest.io untuk mendapatkan lebih banyak rekomendasi keyword.

3. Menggunakan Long Tail

Long tail keyword adalah kata kunci dengan tiga kata atau lebih dan biasanya lebih spesifik. Bila anda baru mulai belajar tetang SEO sangat dianjurkan untuk untuk melakukan optimasi long tail keywod.

Long tail keyword biasanya lebih mudah untuk menjadi nomor satu di google. Hanya dengan membuat artikel saja alias tanpa menggunakan backlink, sudah bisa masuk halaman satu google. Selain itu, pengunjung yang berasal dari long tail keyword memiliki kualitas yang baik untuk menghasilkan konversi (penjualan).

Hasil studi dari customermagnetism.com tentang manfaat long tail keywordbiaya optimasi lebih rendah dan peluang untuk terkonversi lebih tinggi.

Sumber : Customermagnetism.com

Berikut ini beberapa tips untuk mendapatkan long tail keyword :

  • Penelusuran Terkait

Anda bisa memanfaatkan penelusuran terkait dengan mengetikkan keywordyang ingin anda cari di google “Baju Muslim Terbaru” geser ke bawah hingga anda mendapatkan keyword penelusuran terkait.

  • Tambahkan kata keterangan pada keyword (Kota, Harga, Merk, Ukuran produk dll.)

— Kota (Jakarta, Bandung, Surabaya)

— Ukuran Produk (Besar, Sedang, Besar atau Dewasa, Bayi, Balita, Anak)

— Merk (Zoya, Meccanism, Dian Pelangi)

— Harga (diabawah 100 ribu, dibawah 200 ribu, dibawah 1 jt, dibawah 2 juta)

  • Gunakan tools : Anda juga bisa menggunakan LongTailPRO untuk medapatkan informasi lebih rinci mengenai keyword yang berharga di google.

4. Menggunakan Keyword Planner

Langkah terakhir adalah menggunakan keyword planner sebuah tools yang disediakan gratis oleh Google.

Pada langkah ini, masukan semua keyword yang sudah anda peroleh dari langkah-langkah sebelumnya untuk mendapatkan informasi jumlah rata-rata penelusuran per bulan dan tingkat persaingan masing-masing keyword.

Klik https://adwords.google.com/KeywordPlanner?hl=id

Setelah itu, klik dapatkan ide akah muncul tampilan seperti di bawah ini:

Dari data di atas, anda bisa memilih keyword yang akan anda optimasi dengan SEO.

Pemilihan keyword sebaiknya memilih keyword dengan persaingan rendah dulu bila anda baru belajar SEO. Bila anda sudah lumayan jago SEO, tidak ada salahnya untuk melakukan optimasi pada keyword dengan persaingan rendah atau tinggi.

Tingkat Persaingan keywordBaju Muslim” dan “Baju Muslim Wanita” sama-sama menengah. Saya rekomendasikan untuk mengoptimasi keywordBaju Muslim Wanita” Sebab dengan keyword itu anda juga bisa sekaligus mengoptimasi keywordBaju Muslim”.

Bila website anda masuk di halaman satu google untuk keyword tersebut website anda berpotensi mendapatkan 90.500 + 2.900 = 93.400 penelusuran.

Dari hasil riset yang dilakukan atau oleh Chitika 33% jumlah penelusuran akan mengujungi website anda bila nomor satu di google atau sekitar 10% bila masuk 3 besar. Jadi, misalnya anda mendapatkan 10% saja pengunjung dari jumlah penelusuran pengunjung yang akan anda dapatkan sekitar 9.340 pengunjung dari dua keyword itu.

Itulah 4 tahapan mententukan keyword yang tepat untuk website anda!

Gampangkan 🙂
Sampai jumpa pada Artikel berikutnya ya men teman ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *