Bab 5 Post dan Page

Perbedaan Antara Post dan Page di WordPress

Ketika baru menginstall WordPress dan masuk ke dashboard, anda akan melihat ada 2 tempat dimana anda bisa membuat konten: Post dan Page.

Post dan Page punya bentuk yang mirip tapi fungsi yang berbeda.

Sekarang akan kita lihat apa saja bedanya.

Post

Post di WordPress digunakan apabila anda ingin menerbitkan konten yang sifatnya rutin di website anda. Misalnya kalau anda menerbitkan artikel setiap seminggu sekali, atau seminggu dua kali, maka ini sebaiknya dibuat dalam bentuk post.

Post di PanduanIM

Ini karena semua post anda akan ditampilkan dalam sebuah halaman secara berurutan. Post yang terbaru muncul di atas yang lama.

Post juga bisa dibagi berdasarkan kategori dan tag.

Misalnya kalau punya website tentang hewan peliharaan dan anda punya artikel tentang kucing, anjing, dan burung. Artikel-artikel tersebut bisa dimasukkan ke dalam kategori supaya lebih mudah dicari oleh pengunjung.

Terakhir, post-post anda akan dimasukkan ke dalam RSS feed.

RSS (Rich Site Summary) adalah sebuah halaman yang berisi daftar post-post di website anda. RSS feed ini biasanya digunakan oleh orang-orang yang ingin berlangganan dan menerima konten terbaru dari website anda.

Page

Page digunakan untuk membuat halaman yang sifatnya tetap.

Halaman-halaman dalam bentuk page tidak diurutkan berdasarkan tanggal. Urutannya bisa sesuai keinginan anda dengan memberikan nomor kepada masing-masing page.

Page tidak disertakan di halaman arsip dan RSS seperti post.

Page juga tidak bisa dimasukkan ke dalam kategori dan tag.

Sebaliknya, anda bisa membuat sub-sub page. Misalnya page bernama Asia bisa dibuatkan sub page bernama China, Jepang, dan Korea.

Contoh halaman berbentuk page yang paling sering dibuat adalah halaman tentang anda atau website anda dan halaman kontak.

Page di PanduanIM

Apakah ada perbedaan dari segi SEO?

Ini pertanyaan yang sering muncul ketika membahas soal page dan post. Apakah mesin pencari seperti Google menganggap post dan page berbeda? Mana yang lebih unggul?

Jawabannya: tidak terlalu berpengaruh.

Keduanya sama saja di mata mesin pencari.

Tujuan kita menggunakan post dan page adalah untuk kemudahan dan kenyamanan pengunjung website. Bukan untuk mesin pencari.

Tapi ada satu pertimbangan:

Post mengandung tanggal penerbitan. Untuk beberapa kata kunci yang butuh konten-konten yang sifatnya fresh, post yang tidak pernah diupdate selama bertahun-tahun mungkin peringkatnya akan turun.

Sekali lagi, itu hanya untuk kata kunci yang butuh konten fresh.